Model Ruko Minimalis Terbaru 2014

Semakin berkembangnya desain model ruko (rumah toko) diberbagai kota di Indonesia bukan pemandangan yang asing lagi, sebab desain ruko yang kini seolah menjadi trend tersebut sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Jika boleh kilas balik sejenak, model ruko minimalis mulai dikenal sejak awal abad ke 11, dimana bangunan ruko tersebut sangat mendominasi dibeberapa lokasi terutama di perkampungan China (pecinan). Meskipun bukti otentik tak pernah ditemukan, konon desain ruko termasuk konstruksi dan tata ruangnya sedikit banyak mempengaruhi desain ruko di era modern sekarang ini.

Model ruko zaman dulu lebih banyak terinspirasi dari bentuk rumah-rumah di perkampungan China yang umumnya milik golongan menengah ke bawah yang identik dengan kesederhanaan, lebih sempit, dan tidak banyak ornament. Namun perlu diketahui model ruko tersebut bisa dikatakan solusi ditengah keterbatasan lahan yang tersedia. Ruko di perkampungan China (disebut juga Chinese Shophouse) biasanya dibangun dengan 2 lantai. Dua bangunan yang digabung menjadi satu ini merupakan opsi dari dua upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu satu untuk berdagang, dan satunya lagi sebagai sarana tempat tinggal. Secara umum pembagiannya adalah lantai 1 untuk mecari nafkah sementara lantai 2 dioptimalkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Model ruko minimalis zaman dulu mayoritas berbentuk empat persegi panjang dengan bagian yang lebih lebar dimaksimalkan untuk muka bangunan. Dengan skema bangunan seperti ini otomatis setting ruang dan sirkulasi ruko menerapkan pola linier. Walaupun salah satu sisinya tergolong sempit yaitu sekitar 5 meter dan panjang hanya 20 meter, penerapan pola linier ini ternyata cukup efisien. Untuk setiap unit ruko umumnya bersebelahan dengan ruko lainnya dengan pertumbuhan secara menyamping sehingga terjadi deretan memanjang saling berhadapan. Diantara bangunan ruko yang saling berhadapan ini terdapat jalur sirkulasi manusia dan kendaraan dimana jalur tersebut sekaligus berfungsi sebagai pemisah (termasuk hak kepemilikan) antar bangunan.

Lantas bagaimana dengan model ruko di zaman sekarang? Meskipun sudah terdapat banyak pusat perbelanjaan disana-sini, keberadaan ruko tetap menunjukkan eksistensinya bahkan cenderung mengalami perkembangan pesat. Pada dasarnya prinsip model ruko zaman sekarang masih terinspirasi konsep model kuno, misalnya pola desainnya yang tetap memanjang ke belakang, dengan sedikit pengembangan menjadi 3 atau 4 lantai. Pola letaknya juga masih sama dengan pola kuno yaitu bersebelahan dan saling berhadapan dengan ruko lainnya.

Pada postingan kali ini saya akan share beberapa contoh gambar model ruko minimalis yang saya kumpulkan dari berbagai macam sumber di internet dan sudah saya rangkum menjadi model ruko minimalis yang menurut saya itu adalah yang terbaik. Berikut beberapa contoh model ruko minimalis terbaru.

Gambar Model Ruko Minimalis

Gambar Model Ruko Minimalis 2 Lantai
Model Ruko Minimalis

Gambar Model Ruko Minimalis
Model Ruko Minimalis

Model Ruko Minimalis Modern
Model Ruko Minimalis

Model Ruko Minimalis Sederhana
Model Ruko Minimalis

Gambar Model Ruko Minimalis 2 Lantai
Model Ruko Minimalis

Model Ruko Minimalis Modern
Model Ruko Minimalis
Gambar Model Ruko Minimalis
Model Ruko Minimalis
Itulah tadi beberapa contoh gambar model ruko minimalis. Semoga Anda dapat menemukan model ruko yang tepat untuk rumah usaha impian Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih, baca juga Desain Rumah Minimalis Sederhana.

Komentar